Welcome shopper, login/register.
Totals : Rp0
No products in the cart.
Close

10 Jenis Makanan Penyebab Insomnia

April 18, 2013 Kesehatan

Insomnia atau susah tidur merupakan hal yang sangat mengganggu dan tampaknya semakin banyak manusia modern yang mengalami insomnia. Jangan selalu salahkan pikiran stress Anda yang menyebabkan insomnia, ternyata faktanya makanan turut berperan dalam menyebabkan insomnia.

Inilah 10 makanan yang perlu dihindari sebelum tidur guna menghindari gangguan sulit tidur.

1. Kafein

Kafein mungkin baik untuk menjadi teman memulai hari, tetapi tidak untuk menutup hari. Kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra. Jika Anda perlu mengonsumsi kafein, pastikan Anda melakukannya maksimal 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Alkohol

Alkohol dapat mengganggu tidur dan menyebabkan terbangun di antara jam tidur. Konsekuensinya, tidur menjadi tidak berkualitas.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung senyawa teobromin, feniletilamin, dan anadamin yang dapat memacu jantung berdenyut lebih kuat sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

4. Makanan berlemak tinggi

Makanan ini akan membuat pencernaan bekerja ekstra sebelum tidur. Jika memaksakan diri untuk tidur setelah makan makanan ini, akan terjadi peningkatan risiko heartburn, yaitu asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

5. Daging merah

Daging merah juga menyebabkan pencernaan bekerja ekstra. Jika butuh asupan protein, sebaiknya ganti dengan sumber protein lain yang lebih mudah dicerna seperti yogurt.

6. Makanan manis

Cake cokelat, cookies, dan makanan manis lainnya akan meningkatkan gula darah sehingga tubuh menjadi lebih berenergi.

7. Makanan pedas

Meskipun memiliki manfaat penyembuhan, makanan pedas dapat membuat panas perut sehingga membuat kita terjaga di malam hari.

8. Es krim

Es krim dapat meningkatkan kadar gula darah yang merangsang otak untuk tetap terjaga. Selain itu, jika tidak segera digunakan, gula darah akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

9. Sayuran

Sayur-sayuran berdaun hijau bersifat diuretik yang merangsang tubuh untuk buang air. Jika Anda harus bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil, tentu tidur pun jadi terganggu.

10. Oat

Oat mengandung senyawa melatonin yang sebenarnya baik untuk tidur, tetapi serat larut yang tinggi dalam oat memiliki efek yang berlawanan.