You are currently viewing 5 Panduan Fitnes saat Puasa

5 Panduan Fitnes saat Puasa

Puasa sudah datang. Selain belanja keperluan sahur dan berbuka, mempersiapkan fisik dan kebugaran tubuh juga tidak kalah pentingnya. Beberapa orang memutuskan untuk tetap datang ke gym saat puasa agar badan tetap sehat dan bugar. Meskipun menahan lapar dan haus selama hampir 12 jam, bukan menjadi halangan untuk tidak berolahraga.

Sudah tentu olahraga saat berpuasa akan terasa berat, namun tentu ada kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk tetap nge-gym walaupun sedang berpuasa. Pasalnya nge-gym, atau melakukan aktivitas fisik lain saat berpuasa justru bisa mempertahankan massa otot dan juga memperlancar aliran darah. Selain itu, berolahraga saat berpuasa juga dapat membuat waktu terasa lebih cepat karena ada aktivitas yang dilakukan. 

Namun perlu diingat, tetap ke gym saat puasa perlu diiringi dengan beberapa hal berikut agar tubuh tetap kuat selama menjalankan ibadah puasa dan beraktivitas seharian. Berikut 5 panduan untuk kamu yang ingin tetap ke gym saat berpuasa. 

1. Kurangi Intensitas Latihan

Pada dasarnya kamu cukup melakukan olahraga intensitas ringan atau sedang selama 30 menit di gym selama bulan puasa. Karena saat puasa tubuh terasa lebih lemas karena kadar gula dalam darah berada pada level rendah. Pastikan untuk mengurangi kecepatan dan intensitas latihanmu dari biasanya. Saat puasa dianjurkan untuk melakukan 40% hingga 50% lebih sedikit aktivitas fisik dari biasanya. Selain itu kamu juga bisa mengatur frekuensi berolahraga dua sampai tiga kali seminggu. 

2. Jaga Asupan Nutrisi

Menjaga asupan nutrisi saat berpuasa merupakan poin penting bagi kamu yang ingin tetap ke gym saat puasa. Pasalnya latihan fisik membutuhkan kalori ekstra dan tenaga yang lebih, untuk itu perbanyak serat, protein dan karbohidrat saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu pastikan untuk mengonsumsi cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga bisa menambahkan Realfood Sporte Realmeals sebagai tambahan asupan saat bulan puasa. Sporte Realmeals merupakan pengganti makanan yang memiliki gizi seimbang dan komplit. Dilengkapi dengan asam amino esensial (BCAA, EAA), vitamin dan mineral, Sporte Realmeals tentu sangat cocok dikonsumsi harian saat sahur maupun berbuka selama bulan Ramadan. Spmengandung serat pangan yang tinggi serta tidak mengandung gula tambahan. 

3. Pilih Waktu Olahraga yang Tepat

Selain menjaga asupan nutrisi, memilih waktu olahraga saat memutuskan untuk tetap ke gym saat puasa juga tidak kalah penting. Beberapa orang memilih melakukan latihan atau olahraga sesaat sebelum berbuka puasa, biasanya dilakukan 1-2 jam sebelum berbuka. Sebab sebelum berbuka biasanya tubuh telah menghabiskan sebagian besar energi yang disimpan seharian. Sebagian lagi memilih melakukan olahraga sesudah berbuka puasa, karena merasa lebih kuat setelah membatalkan puasa dengan makan dan minum. Namun baik olahraga sebelum berbuka ataupun sesudah berbuka memiliki kekurangannya masing-masing. Olahraga sebelum berbuka bisa menyebabkan kerusakan otot sebab tubuhmu sudah kehabisan energi. Sedangkan melakukan olahraga sesudah berbuka dapat memicu masalah perut akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan minuman. 

4. Perhatikan Olahraga yang Dilakukan

Bagi Realfoodfam yang ingin tetap ke gym saat puasa harus memerhatikan jenis latihan yang dilakukan, seperti latihan beban atau kardio. Latihan beban dapat membantu pembentukan otot, sedangkan kardio dapat membakar kalori berlebih yang kamu konsumsi saat sahur atau berbuka. Kamu bisa memilih olahraga seperti jalan kaki, yoga, atau angkat beban. Selama melakukan olahraga di bulan puasa, pastikan untuk mengkombinasi jenis olahraga yang dilakukan agar tidak monoton. Jangan lupa perhatikan kondisi dan kemampuan tubuhmu ya. Jangan paksakan jika tubuh terasa lemas atau tidak fit. 

5. Konsumsi Suplemen

Untuk menjaga daya tahan tubuh dan membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa, ada baiknya kamu mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin C, vitamin D3. Pastikan kamu mengonsumsinya di waktu sahur agar tubuh lebih fit saat beraktivitas seharian. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin tetap ke gym saat puasa. Selan 5 hal diatas, pastikan untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi.

Sumber : Realfood

Leave a Reply